4 Jun 2010

Tabung Gas Bocor

Akhir – akhir ini terjadi kecelakaan tabung gas di mana – mana. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor,
  1. Kompor, tabung gas, hos/selang dan regulator (yang dibagikan gratis kepada masyarakat) terbuat dari material yang tidak berkualitas sama sekali.
  2. Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang cara penggunaan kompor gas yang aman.
“Gila bener!  Ini mah kaleng susu direpro jadi kompor” komentar saya saat pertama kali melihat kompor pembagian dari Pak RT… he he, hari gini baru dapat jatah kompor!!  tetangga mah udah kebagian enam bulan yang lalu.    

Tips aman mengganti tabung gas dan menggunakan kompor gas
  • Saat memasang regulator, matikan TV, radio dll. Pastikan kondisi ruangan sepi tidak ada suara apapun. Desis kebocoran gas bisa terdengar meskipun sangat kecil
  • Pastikan karet penyumbat/rubber sealer dalam kondisi baik.  Hal ini yang paling tidak disadari oleh kebanyakan orang. “Sealer” tersebut adalah komponen utama yang menahan gas dari kebocoran.  Kebanyakan orang langsung menyalahkan tabungnya bocor atau langsung mengganti regulator dengan yang baru.
  • Dengarkan baik – baik area sekitar regulator sebelum menyalakan kompor. Jika terdengar suara desis atau tercium bau khas dari Gas, segera lepaskan regulator dari kepala tabung dan pindahkan tabung ke ruangan terbuka. Jangan menyalakan lampu, HP atau alat – alat yang dapat memicu terjadinya api.
  • Buka pintu dan jendela jika terjadi masalah seperti pada point 3.
  • Putar keran regulator pada posisi off setelah kompor dimatikan.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: