23 Sep 2011

Satu parabola untuk beberapa receiver

Ada beberapa cara menginstall satu parabola (satu atau dua LNB) ke beberapa unit receiver ... barikut ini dua cara yang paling sederhana,
 
Loop through/master - slave

Receiver utama terhubung langsung ke LNB dan receiver lainnya terhubung ke receiver utama. Receiver berikutnya terhubung ke receiver sebelumnya/di atasnya.


Cara ini hanya cocok jika receiver utama menggunakan kartu berlangganan Telkomvison atau lainnya, jadi semua receiver dibawahnya dapat mengakses siaran Telkomvision. Jika hanya untuk berbagi penggunaan LNB dan parabola cara ini sangat tidak dianjurkan karane polaritas semua receiver tergantung pada receiver utama. 
 










Menggunakan  Multiswitch

Cara tepat untuk sharing penggunaan LNB dan piringan parabola (bukan untuk sharing Telkomvision). Tergantung jenis Multiswitch yang digunakan, umumnya jenis 2 x 4 = 2 input, 4 output. 

Keunggulannya, semua receiver tidak tergantung satu sama lain. LNB yang digunakan adalah LNB jenis combo dimana masing - masing LNB mensupply polaritas yang berbeda.  Jika ada 4 orang yang sama - sama mau pasang parabola, dengan cara ini, satu LNB combo dan satu parabola bisa dibeli secara patungan, receivernya beli sendiri - sendiri. 


Dengan hanya satu LNB combo berarti hanya satu satelit yang tertangkap pada posisi tertentu. Jika Telkom dan Palapa mau tertangkap sekaligus, maka diperlukan dua LNB combo dan jenis multiswitch yang digunakan adalah 4 x 4 atau 4 input dari 2 LNB combo dan 4 output ke 4 reciver.
Tetap saja ada kelemahannya, kedua point di atas sama - sama tergantung dengan satu arah parabola.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



5 komentar:

phitoosh mengatakan...

kalau boleh tau merknya apa multiswitch nya

thanks

Tehnogadget mengatakan...

Wah, ulasan parabolanya mantab Bos...

Rahmat Kurnia mengatakan...

waw kayanya admin pinter banget ne masalah parabola, terimakasih ilmunya
kutuitanyung blogs

Anonim mengatakan...

Kalau pale 2 lnb until 4 receiver multi swithnya pale yg mana

Anonim mengatakan...

Kalo pake 2 lnb utk 4 receiver multi swithnya pake yg mana?