14 Nov 2011

Receiver dan decoder paling canggih

Inilah  salah satu receiver tercanggih saat ini, saya tidak menyebutkan merk, apalagi harga. Hanya tampilannya saja, tapi mudah - mudahan bisa menjadi referensi saat memilih receiver.
Apa sih perbedaan antara receiver canggih dan receiver yang biasa/murahan? Sepintas, perbedannya memang tidak terasa. Keduanya sama - sama bisa menerima siaran TV satellite dengan baik. Output atau tampilan akhir di layar TV juga tidak begitu kelihatan bedanya, apalagi jika kedua receiver yang dibandingkan adalah sama merk-nya (sangat mungkin produsen satelitte reciver/decoder mengeluarkan beberapa versi produk dari yang murah, menengah, sampai yang paling mahal).
Namun jika diperhatikan lebih seksama, apalagi jika mencobanya sendiri, sebagai pecinta parabola pasti anda tidak mau  ketinggalan untuk memiliki receiver seperti pada gambar atau receiver yang dilengkapi dengan decoder dan fasilitas - fasilitas lebih lainnya.
Lihat tampilan depannya. 
1. Ada tiga tombol yang jarang terdapat pada receiver biasa, yaitu tombol menu, ok, dan exit. Artinya, meskipun tanpa remote control, menu - menu pada receiver  masih bisa dijalankan.
2. Di sebelah kanan terdapat beberapa buah slot kartu berlangganan yang tentu saja memberikan lebih banyak pilihan untuk berlangganan TV satelit berbayar. Biasanya pada versi murahnya, slot kartu ini hanya sebagai pajangan, tanpa ada alat pembaca kartu di dalamnya atau bahkan tidak ada sama sekali.
3. Layar LED  tidak hanya menampilkan angka,  tapi menampilkan juga nama channel yang sedang tonton.
Kita lihat bagian belakang Receiver. Terdapat beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan receiver biasa:
1. Ada 2 masukan LNB, (lihat paragraf kedua terakhir pada pos ini untuk mengetahui kegunannya)
2. Terdapat satu port usb untuk flash disk dan satu port sata untuk hard disk dengan sata interface. Siaran TV bisa direkam/disimpan pada media tersebut. Tentu saja bisa diputar kembali melalui reciver.
3. Ada beberapa pilihan keluaran video yaitu Composite, Component, HDMI, RF Out. Berarti mendukung semua jenis TV. Dari TV kuno yang tidak ada masukan AV-nya sampai TV model sekarang yang support HDMI.
Semua yang disebutkan di atas baru tampilan luarnya saja. Kelebihan utama pada receiver jenis ini  adalah kemampuannya menerima siaran - siaran yang diacak. Bukan semua jenis acakan, tapi terbatas pada jenis acakan tertentu saja. Cara buka acaknya bisa melaui cara memasukkan kode (memang terdapat menunya) atau dengan kombinasi dua parabola/lnb dimana satu parabola terarah ke satellite utama dan parabola lainnya mengakses satelit yang menydiakan kode pembuka acaknya. 
Kelebihan lain dari receiver sejenis adalah kemampuannya berpindah channel dan proses scanning channel yang lebih cepat dan akurat, receiver jenis ini dilengkapi dengan data processor yang jauh lebih kuenceng larinya. mau?
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



5 komentar:

veron mengatakan...

mat siang bang receiver di atas harganya berapa.

Anonim mengatakan...

hallo gan...kalau boleh tau merknya apa dan harga brp? karena sy lagi cari receiver yg paling canggih.tx infonya

Anonim mengatakan...

THESAT. Merknya harga kisaran 5 jt k atas.

sigit hp mengatakan...

Belinya dimana bos, Minat serius nieh..

sigit hp mengatakan...

Belinya dimana bos, Minat serius nieh