17 Jul 2007

PEMANCAR FM/WIRELESS MIC


Pemancar FM mini/Wireless Mic 88Mhz – 108 Mhz
Jarak pancar 30m s/d 50m

Assalamu’alaikum Wr Wb,

Selamat!! Anda telah menemukan apa yang anda cari.
Berikut ini adalah rangkaian pemancar FM yang bekerja pada frequensi 88Mhz s/d 108Mhz. Komponen yang diperlukan sangat sedikit dan sangat mudah ditemukan di toko2 sparepart elektronik
.


Sebelum memulai, jangan lupa membaca Bismillahirromanirrohim…
Segala sesuatu yang dilandasi dengan niat baik InsyaAllah akan menghasilkan sesuatu yang terbaik untuk anda.

Salam untuk Ridwan… menurut informasi dari keluarganya, saat ini Ridwan berada di Malaysia.
Meskipun bukan penggila elektronik… tapi dialah satu2nya teman yang mendukung 100% proyek percobaan pembuatan alat ini.

Saat itu sekitar tahun 1996… Dari sebuah majalah pelajar “MOP” yang terbit dari Jl Kaligawe kota Semarang, saya menemukan rangkaian Mic tanpa kabel yang bekerja pada Freq. 88Mhz – 108 Mhz. Dengan bekal pengetahuan elektronik saya yang sangat terbatas saat itu, bermodalkan uang saku sekolah… saya berhasil membuat alat ini dengan sangat sempurna. Dengan ukuran yang sangat kecil, menggunakan baterai jam (seukuran kuku jari kelingking)… ukuran PCB yang saya buat saat itu juga sangat kecil hanya 1 x 1,5cm. Karena bingung mencari tempat yang cocok untuk melindungi alat tersebut, akhirnya saya menggunakan bekas Starter lampu TL.

Saya suruh seorang anak mengantongi alat tersebut. Dan saya bisa mendengar suara di sekeliling anak tersebut dari jarak -/+ 30 meter mengunakan penerima Radio FM. Anda pasti teringat aksi penyadapan dalam film2 action.

Bersama teman saya (Ridwan)… Sebelumnya kami menggunakan Interkom kabel untuk berkomunikasi dari masing2 rumah kami, meskipun saat itu sudah banyak orang yang menggunakan pemancar FM dengan watt cukup/sangat tinggi untuk berkomunikasi antar kampung/antar kota.

Terlintas di pikiran saya untuk menjadikan alat ini sebagai pengganti Interkom. Saya usulkan ke Ridwan… dan dia bersedia memberi saya modal untuk membuat satu lagi untuk dia.

Jarak rumah kami lebih dari lebih dari 50 meter, untuk itu kedua pemancar menggunakan antena luar untuk dapat mencapai jarak tersebut. Kedua pemancar kami coba dari rumah masing2 menggunakan freq. yang berbeda. Kami juga mengunakan 2 buah baterai AA, dengan tegangan 3 volt, jarak pancar menjadi lebih jauh.

Pemancar saya bekerja pada Freq. 89Mhz, Radio Ridwan harus mencari sinyal dari pemancar saya pada freq. tersebut… Begitu juga sebaliknya, saya harus menepatkan radio saya dengan sinyal pemancar Ridwan yang distel pada freq. 100Mhz. (Pecinta radio komunikasi mengenal istilah ini dengan nama “Duplex”, bedanya yang kami lakukan saat itu adalah komunikasi dua arah secara real time, seperti komunikasi menggunakan HP/Telepon…artinya tidak perlu bergantian untuk berbicara).

Singkat cerita…sejak saat itu interkom beserta kabelnya kami gulung, kami simpan rapi untuk bahan cerita anak cucu kami. Setiap malam kami habiskan dengan ngobrol dari kamar masing2. Saya main gitar, Ridwan yang menyanyikan lagunya Iwan Fals, atau sebaliknya.

Kelemahannya, siapapun yang kebetulan sedang tuning Radio dan berhenti di salah satu frequensi tersebut, bisa mendengarkan apa yang kami bicarakan.

Berikut ini adalah gambar rangkaian Pemancar tersebut >>
Silahkan anda pelajari, yang perlu mendapatkan perhatian adalah L1 atau kumparan induktor…

L1 menggunakan inti udara, gunakan kawat email 0,5mm.. gulung sebanyak 2 gulangan dengan diameter 4 s/d 5 mm.

Selamat mencoba… jika anda berhasil atau ada pertanyaan silahkan post komentar anda.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



17 komentar:

Anonim mengatakan...

Boleh juga tuh... aku udah coba

Anonim mengatakan...

terima kasih pak,infonya saya sedott dulu.kebetulan lagi dicari.

Mufid mengatakan...

Siahkan sedottt sampai habis...

Anonim mengatakan...

Wah maksih bangat pak saya mw coba..
klo rangkaian walky talky punya tidak pak..
klo punya tolong kirim ke mail saya ya pak ronald2abba@yahoo.com

Mufid mengatakan...

Halo Ronald,

Mohon maaf saya tidak memiliki rangkaian Walky Talky. Dulu pernah beli PCB yang sudah jadi tapi komponennya susah dicari dipasaran.

Terimakasih telah mengunjungi Blog saya.

Salam,

Anonim mengatakan...

thank buat info nya..

Anonim mengatakan...

pak mohon skema pemancar fm mini dikirim ke witcrew_software@yahoo.com.sg karena kami download dan hasilnya tidak jelas alias "blur" terima kasih banyak, salam Bedjo

Mufid mengatakan...

Halo Bedjo,

Skema sudah saya kirim via E-mail...

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum.
Kayaknya Mas Mufid dah punya banyak experience nih di pemancar.Kebetulan nih,aku lg utak-atik dvd player yg pakai fm modulator untuk transmit gelombang suaranya,kenapa ya sinyal fm dari pemancar alat ini kok lemah banget,sehingga kalah sama stasiun2x radio fm,walaupun dvd player ini sama2x dalam mobil dengan radionya. Kira2x apa yang mesti kurubah atau mungkin perlu ada komponen yang harus diganti.
Terima kasih infonya.

Taufiq :
taufiq0607@yahoo.co.id

Mufid mengatakan...

Wa'alaikum salam wr wb.

Mas Taufiq, Ada be2rapa cara utk menguatkan daya pancar pemancar radio.

1. Menambahkan buffer/penyangga setalah oscilator
2. Mengganti transistor pada osilator dengan output daya yang lebih kuat.
3. Mengganti antena dengan yang lebih sesuai.
4. Mengganti catu daya dengan ampere yang lebih besar.
5. Dll...

Kalau boleh tahu apa merek DVDnya, jenis portable ya?

Coba lihat bagian osilatornya, pelajari jenis TR yang dipakai. Lalu cari persamaanya di internet. Ganti TR dengan output daya yang lebih besar.

Mudah2an membantu.

Wassalam

Anonim mengatakan...

Terima kasih sekali tanggapannya pak,
betul sekali DVD nya portable, mereknya kurang jelas karena asli bawaan mobil,kayaknya sih buatan cina.Nah alat ini kan bentuknya kompak banget,untuk menambah komponen rasanya sulit trus aku juga kesulitan menentukan masing2x bagiannya, kalau transistor pada oscilator itu cirinya yg bagai mana ya ?
Mengganti catu daya juga ngak mungkin,karena sudah fix dari accu, trus disini saya ngak lihat ada bagian antenanya.

Terima kasih atas tanggapannya

wassalam
taufiq

Mufid mengatakan...

TR oscilator letaknya paling dekat dengan kumparan yang berinti ferrite atau kumparan yang parallel dengan varco. Jika ada lebih dari 2 TR bisa dipastikan bahwa TR lainnya adalah bagian penyangga/penguat/buffer. Jika TR penyangga tsb rusak, kemungkinan Oscilator masih bekerja, seperti yang mas Taufiq alami, tapi daya pancarnya kecil sekali. Coba cek masing2 TR.

Antena juga merupakan bagian yang fital pada pemancar radio. Jangan sekali2 mencoba pemancar berdaya besar (osciator+penguat/buffer) tanpa menyambungkan antena atau TR pada penguat pemancar tersebut akan rusak, bahkan sampai jebol karena energinya tidak terlepas ke udara. Masak sih ga ada antenanya?

Bisakah rangkaiannya difoto dan kirim ke email saya?

Anonim mengatakan...

Oke Pak Mufid terima kasih banyak pencerahannya. Insyaalloh nanti kucoba menfoto rangkaiannya. Kebetulan saat ini tidak dirumah, baru tiba di kaltim,ada tugas yg harus diselesaikan sampai satu bulan kedepan.

Terima kasih.
wassalam.

Anonim mengatakan...

mas mufid pada pemancar mini 1,5 volt itu transistornya bisa diganti dengan 2SC828..

Anonim mengatakan...

Ini rangkaian untuk transmitter aj y?? Klo receivernya gmana?? Saya kebetulan ad proyek dan mo bkn alat kek gini. Sebelumnya saya bkn menggunakan ic LM 358 jadi dari mic trus outputnya sudah bs terdengar ke headset. Namun, masih terbatas kabel, klo mo bkn wirelessnya bs pake ini g?? Ato gmana y?? Ad rencana pake IR transmitter

Ungari mengatakan...

setelah saya baca saya sangat tertarik dan ingin belajar soal ini, boleh minta layout dengan ukuran asli untuk pcb nya, yang saya baca 1x 1.5 terimakasih. email saya ungarii@live.com

terimakasih banyak atas bantuannya.

tumin min mengatakan...

mas saya dah buat mic werles fm nya tapi jarak cuma 3 m,dah gitu suaranya gak bersih.gimana cara buat lilitanya?saya kesulitan mas membuat lilitanya