30 Sep 2007

Tips Merawat Komputer

Flash Disk (salah satu media simpan removeable yang paling populer saat ini) adalah sasaran paling empuk bagi virus untuk bersarang dan menyebarkan penyakit ke komputer - komputer yang disinggahinya. Saya sering didatangi pelanggan yang mengeluhkan komputernya lambat, data hilang atau komputer bertingkah aneh.

Selain virus, ada beberapa hal yang menyebabkan kinerja komputer semakin lama semakin menurun,

1. Debu.
2. Manajemen hardisk/data yang kurang baik.
3. Terhapsnya beberapa file penting pada system operasi (Windows).

Seperti halnya mesin kendaraan, komputer juga memerlukan perawatan rutin, minimal satu bulan sekali. Berikut ini beberapa hal yang secara terus menerus saya lakukan terhadap komputer saya... mudah - mudahan bermanfaat.


I. Hard disk dibagi menjadi dua partisi... pisahkan system operasi dengan data - data yang penting. Hal ini untuk menjaga apabila terjadi masalah pada system... jika jalan keluar satu - satunya harus menginstal ulang windows (dan harus format drive untuk system tersebut), data data yang penting tersebut tidak akan ikut terhapus.

II. Bentengi system dengan anti virus yang selalu up to date, banyak orang yang menanyakan kepada saya... "komputer saya sudah ada anti virusnya, tapi kenapa virus bisa dengan mudah menginfeksi komputer saya?" Perlu pembaca ketahui bahwa setiap harinya muncul ratusan bahkan ribuan jenis baru virus komputer . Jika komputer terinfeksi salah satu virus baru tersebut...antivirus yang ada tidak akan dengan sendirinya mengenal virus tersebut kecuali antivirusnya sudah di-update terlebih dahulu.

Antivirus pada komputer itu ibarat sebuah klinik yang lengkap dengan dokter dan apotiknya. Jika ada jenis penyakit baru, produsen obat akan meniliti dan menciptakan obat untuk penyakit baru tersebut dan menjualnya ke apotik. Proses melengkapi daftar obat pada apotik itulah yang disebut up-date antivirus. Jika apotik di komputer anda tidak menyediakan obat yang diresepkan oleh dokter (antivirus) niscaya virus tersebut dengan leluasa berkeliaran di komputer anda.

Up-date antivirus bisa dilakukan dengan beberapa cara,

1. Melalui internet. Jika anda tidak menggunakan jaringan pita lebar/broadband internet access...contoh :Speedy, sebaiknya cara ini anda pikir 2 kali. Pengalaman saya ketika masih menggunakan Telkomnet instan, proses up-date dengan besar data sekitar 14 MB memerlukan waktu -\+ 3 Jam.



2. Melalui bonus CD majalah kompute , cara ini yang selalu saya pakai sebelum berlangganan Speedy. Saya menggunakan CD bawaan majalah PCMedia. Dengan hanya Rp 15.000,- (versi ekonomis) saya sudah mendapatkan majalah plus up-date antivirus yang saya perlukan.

III. Password khusus untuk administrator. Jika komputer anda dipakai juga oleh selain anda sendiri, misal istri dan anak, sebaiknya anda buat masing - masing satu pengguna satu password dan masing - masing sebagai computer user... artinya mereka hanya bisa menggunakan komputer tanpa mengganggu system operasi komputer tersebut. Jangan kasih tahu ke mereka password anda sebagai administrator komputer. Artinya hanya anda yang mempunyai kuasa penuh terhadap komputer anda.

IV. Hindarkan CPU dari debu. Banyak orang yang kurang tahu cara menempatkan komputer/CPU dengan baik dan benar. Yang paling harus dihindari adalah meletakkan komputer (CPU) begitu saja di lantai. Hal ini untuk mengurangi banyaknya debu yang akan hinggap di komputer. Debu adalah partikel - partikel kecil di udara yang terdiri dari berbagai macam jenis partikel. Salah satu jenisnya adalah partikel besi/tembaga yang memiliki sifat konduktor listrik. Jika komputer sudah terlalu kotor dengan debu, sangat mungkin terjadi... aliran listrik pada rangkaian elektronik Motherboard dan lainnya menjadi terngganggu. Kinerja komputer pun jadi tidak 100%. Setiap tiga bulan sekali buka casing komputer... bersihkan debu menggunakan kuas kering, arahkan kipas angin agar debu langsung menyingkir.

bersambung......



Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



1 komentar:

AGUNG WONOSOBO mengatakan...

maksih tips nyaaa