29 Okt 2009

Modem Nokia 6070

Baru saja dimintai tolong Pakdenya Ali untuk setting Nokia 6070 sebagai modem. Fasilitas yang digunakan,
 
1. Nokia 6070
2. Kabel data DKU 5
Awalnya sepele aja pikirku, Pakai Nokia PC suite pasti berhasil.
 
Setelah kabel data dan PC suite diinstall, ternyata tidak semudah yang kubayangkan sebelumnya. Saat coba konek internet melalui PC suite, informasi yang muncul adalah tidak adanya modem yang terinstall. Kenapa ya? Padahal jelas disebutkan bahwa modem Nokia 6070 otomatis akan terdetect oleh PC suite tsb.
 
Langsung aja kucoba cara manual/tanpa menggunakan PC suite. Berarti harus cari driver modem Nokia 6070 dengan koneksi kabel data...:-(  Berjam - jam aku dikerjain dengan pencarian driver tsb. Di Nokia.com hanya tersedia driver modem untuk koneksi infra merah. Tersedia juga driver kabel CA-42 dan katanya akan langsung mendetect modem Nokia 6070. Keduanya aku download ... tapi hasilnya masih tetap nihil.
 
Usut punya usut, ternyata... kabel DKU 5 bukanlah kabel resmi yang mendukung Nokia.  Sebenarnya DKU 5 tidak beda dengan kabel serial. Bedanya kabel tersebut kita colokkan melalui port USB, makanya diperlukan driver tersendiri untuk mengidentifikasi keberadaan kabel tersebut di salah satu port COM yang tersedia ... komputer tidak mengenalnya sebagai koneksi USB. Nah si Nokia 6070 ini cocoknya cuma dengan CA-42. Jika kamu yang memiliki jenis kabel ini tentu tidak perlu repot - repot seperti trik di bawah ini. Semuanya udah pasti beres dengan PC Suite. Termasuk jika tersedia infra merah...
 
Bener2 harus ketemu nih driver modemnya!!.... tapi cari kemana??? Di web-site resminya aja tidak tersedia:-(.
 

Setelah beberapa kali trial & error... akhirnya ketemu juga ide cemerlang, menggunakan driver Nokia yang modelnya hampir sama :-). Segera aku download modem driver Nokia 6100 dan 6200. Kecil kok filenya.. bisa langsung diunduh dari sini  >>  tidak lebih dari 200 Kb. Hasilnya? wuush!!! langsung terhubung ke jaringan internet Telkomsel.
 
Tapi kayaknya ada yang lain.. indikator send/received kok gak nyala (dekat jam). Apa lagi nih yang kurang? Ternyata HP itu minta diotak atik juga... waah kelewatan banget nih. Acces point di HP juga harus disesuaikan dengan provider.
 
Akhirnya ok semua... cuma saran nih, kalo bisa jangan pake yang perkilobyte... mahal! waktu pake si*m**ti, buka 3 - 4 halaman aja pulsa langsung kepotong 3rb lebih. Mending pake IM3 durasi. Beli pulsa internet 5,000 bisa buat ngenet 250 menit (4 jam lebih)
 
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: