21 Okt 2009

Widget di Right Side Bar Hilang / Pindah ke Bawah Main Page

Saat membuka salah satu postingan di salah satu blog saya, tidak ada masalah yang terjadi dengan tampilan blog tersebut. Semua widget tampil sempurna di tempatnya masing - masing (left side bar, right side bar, atau footer) Namun ketika saya buka halaman utama blog tsb  terjadi keanehan, widget-2 di right side bar  hilang...Kosong tidak ada apapun di bar tsb. Saya scroll-down terus...dan terus... Ternyata semua widget (yang sbl-nya ada di Right side Bar) pindah ke bawah main page. Tersusun secara vertikal dan menambah makin panjang halaman blog tsb.
 
Saya coba buka postingan yang lain dari blog tsb... tidak ada masalah. Halaman tampil sempurna. Lalu kembali saya buka halaman utama... terjadi lagi masalah yang sama, semua widget pindah ke bagian bawah halaman blog tsb.
 
Langsung meluncur ke google, siapa tahu ada blogger yang pernah mengalami hal tsb. Ternyata cukup banyak rekan-2 yang mengalami hal tsb. Solusi dari mereka:
 
1. Ukuran salah satu image di main-body (postingan) ada yang terlalu lebar, melebihi ukuran main-body... sehingga mendorong right side bar ke bagian bawah halaman.
    Solusi : rubah ukuran image. Hasil = negative
 
2. Ada Hyperlink yang terlalu panjang. Apalagi posisinya di sebelah kanan main-body. 
    Solusi : pindahkan hyperlink tsb ke sebelah kiri. Hasil = negative
 
3. Resolusi monitor/layar terlalu rendah sehingga tampilan terlalu besar. (kok tidak ada masalah sebelumnya?)
    Solusi : naikkan resolusi layar. Hasil = negative
 
Sebenarnya masih ada beberapa cara yang disarankan untuk mengatasi masalah tsb di atas. Tapi semuanya tidak memberi jawaban sama sekali. Justru gara-2 saya lupa back-up, html template blog tsb sempat rusak. (timbul masalah baru sebelum masalah sbl-nya teratasi).

 
Saya pikir-2 kembali, apa yang telah saya lakukan dengan blog tsb sehingga timbul masalah seperti itu... Karena terakhir meng-edit sudah lewat dua hari,  cukup susah mengingat-2 kembali.
 
Akhirnya teringat dengan fasilitas baru di Blogger... >> editor menu untuk memotong postingan sehingga hanya beberapa bagian saja yang muncul di halaman utama... lebih sering di bahas oleh rekan-2 blogger sebagai cara membuat Read More...
 
Memang dua hari seblmnya semua postingan di Blog tsb saya edit agar sebagian saja yang tampil di halaman utama. Namun saya tidak langsung cek halaman utama blog tsb setelah selesai meng-edit. Sehingga baru dua hari kemudian ketahuan ada masalah.
 
Tanpa pikir panjang langsung saja saya masuk ke dashboard blog tsb. Ke menu edit Post, lalu semua artikel saya kembalikan utuh seperti semula... Hasilnya?
 
Halaman utama blog tsb kini sudah normal kembali.  Ternyata akar masalahnya ada di Blogger sendiri... Jika template yang saya gunakan tidak verified by blogger tentu masalah sudah teratasi dengan menggganti dengan default templatenya blogger. 
 
Beberapa cara (3 cara) yang disebutkan di atas sebenarnya belum tentu tidak benar, jika masalah di blog saya disebabkan oleh gambar dan hyperlink yang terlalu melebar mungkin saja cara tersebut menjadi solusinya.
 
 
Demikian, semoga bermanfaat. Salam.
 
Visit my other Blog..>>
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: