3 Mar 2010

Berinternet dengan HP CDMA/GSM Sebagai Modem

Banyak orang yang tidak tahu, “gimana sih internetan di PC pakai HP?” Padahal HP sudah canggih, kartu yang dimiliki sudah sesuai dengan promo yang ada (Misal Flexi atau Star One), ngenetnya kok masih di Warnet… Dengan Rp 2,500 aja bisa 24 jam ngenet sepuasnya di rumah, ngapain harus ke warnet (4.000/jam??).
Perangkat yang diperlukan
  1. PC dengan 1 usb port yang tidak terpakai.
  2. Modem (HP atau USB modem)
    • Yang dulu pernah menggunakan Telkomnet instant (sekarang juga masih ada, bego saya bilang) pasti tahu seperti apa bentuk fisiknya modem. Modem tsb adalah perangkat yang berguna untuk meng-encode dan men-decode data dari internet melalui kabel telepon. Modem jenis ini tidak akan kita gunakan. Jika masih ada di computer anda, sebaiknya anda lepas daripada boros – borosin arus listrik pada computer anda. Silahkan disimpan atau dibuang juga tidak apa – apa. Tidak jamanannya lagi pakai MODEM seperti ini.
    • Naah.. karena media yang akan kita manfaatkan adalah udara (bukan kabel) maka yang kita perlukan adalah modem yang berfungsi untuk meng-encode dan mendecode data internet melalui udara. Modem jenis itu tuh sudah terintegrasi di dalam HP jaman sekarang. Dengan kata lain HP juga merupakan modem. Jadi HP itulah modem yang akan menerjemahkan komunikasi antara computer dengan internet. Jadi kalau sudah ada HP dilengkapi MODEM (biasanya ditandai dengan adanya tempat mencolokkan kabel data atau adanya fasilitas infra red dan bluetooth) jangan cari – cari lagi MODEM. Sudah ada pada HP. Sorry nih jelasinnya agak pakai emosi, karena tidak sedikit yang tidak tahu mengenai hal ini.
    • Selain menggunakan HP, ada juga jenis MODEM yang bentuk fisiknya seperti Flash Disk. Ada juga yang bisa digunakan untuk menyimpan data seperti Flash Disk. Pada alat itu terdapat  tempat untuk menempatkan kartu (flexi/starone).
  3. Media untuk koneksi antara PC dan Modem
    • Kabel Data
    • Infra Red
    • Bluetooth
    • Wifi
  4. Driver  
    • Driver untuk media koneksi (kabel data, infra red, bluetooth atau wifi)
    • Driver untuk modem
Mau tahu cara installnya? Pastikan anda selalu terupdate dengan berlangganan RSS blog ini.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



2 komentar:

Rommy'S mengatakan...

Bg.. tlng ajarin cemana sih bisnis dari internet itu?

Admin mengatakan...

Halo Rommy’s

Kayaknya salah tempat dech komennya. Tapi No problem…
Sekilas info bisnis di internet Silhakan cek di sini >> http://mufidbtm.blogspot.com/2009/10/bisnis-online.html

Contoh blog yang sudah sedikit menghasilkan,

http://blueheartglass.com
http://myelectronickit.com
http://e-hobbies.blogspot.com (vacuum, sdh ditransfer ke myelectronickit.com)