5 Mar 2010

Conference Call

Hampir satu tahun sejak terakhir kali saya mengunjungi kampung halaman, Wonosobo. Kangen sama tempe kemulnya he he 

Komunikasi dengan keluarga sih jalan terus.. khususnya dengan Ibunda tercinta dan kedua kakak perempuan. Tapi selama ini komunikasi terjalin sendiri – sendiri. Maksud saya, tidak sekaligus ngobrol bertiga. Padahal hampir semua operator telekomunikasi menyediakan fasilitas Tele Conference/Conference Call

Tele Conference = Meeting jarak jauh (bahasa Inggris)
Conference Call = Panggilan Meeting (bahasa Inggris)

Artinya kita bisa berbicara sekaligus dengan 2 atau lebih nomor yang kita hubungi. Sebenarnya sudah tahu sejak lama, tapi takut pulsanya gede banget, jadi tidak berani coba sama sekali… kan 2 – 3 orang sekaligus yang saya hubungi. Kenyataannya, pulsa simpati yang terpotong tidak lebih dari Rp 1,000 (seribu) padahal durasi percakapan kami lebih dari 18 menit pada sore hari jam 17:--.

“Waah, Enak banget nih… serasa ngumpul satu rumah” komentar salah satu kakak saya. Padahal orang tua saya ada di Wonosobo, kakak saya yang pertama ada Wonosoba juga tapi lain kelurahan dengan Ibu sementara kakak saya yang yang kedua ada di Prembun, Kebumen. Dan saya ada di Batam. Rugi kalau anda tidak mencobanya.

Mengenai pulsa, saya tidak menjamin akan sebegitu murah… mungkin saat ini Telkomsel dalam masa promo untuk fasilitas tersebut. Silahkan tanyakan ke operator kartu yang anda pakai.

Mau tahu caranya? Kita anggap ada 4 orang yang akan melakukan “Conference Call” yaitu A, B, C, dan D. 
  1. A memanggil B seperti biasanya > Panggilan tersambung > aktifkan speaker phone agar lebih seru
  2. A meminta B untuk menunggu  
  3. A menghubungi C dengan cara menekan tombol navigasi ke atas atau ke bawah sehingga muncul daftar nama/nomor telephone yang tersimpan di HP > tekan tombol panggi setelah ketemu nama yang diinginkan > Sementara waktu, komunikasi dengan B terputus sambil menunggu jawaban dari C.
  4. C tersambung. Terjadi komunikasi dengan A dan C. Sementara B masih menunggu.
  5. A pencet tombol “option/pilihan” tergantung bahasa yang dipakai.
  6. Cari menú/perintah “conference call” dan aktifkan. Seketika itu B terhubung dengan komunkasi antara A dan C.
  7. A mengulangi langkah no 3, menghubungi D. Komunikasi antara A dengan B dan C terputus sementara menunggu jawaban dari D.
  8. Setelah D tersambung, ulangi langkah no 5. Cari perintah “Add to Conference Call” pada menu “option/pilihan”. Seketika itu juga D tehubung dengan B dan C yang sedang menunggu.
Akhirnya antara A, B, C, dan D dapat tersambung dalam pembicaraan bersama dari tempat yang berbeda – beda seperti dalam satu ruangan. Asyik kan? Saya yakin cukup banyak pengguna HP yang tidak mengetahui fasilitas ini.

Dari praktek di atas, A adalah yang menghubungi/menambahkan C dan D, artinya semua beban pulsa/percakapan akan ditanggu oleh A karena A yang melakukan semua panggilan. Untuk membagi beban pulsa proses/langkah 3 dan 5 di atas bisa dilakukan oleh selain A. B bisa saja yang menambahkan C. dan C yang menambahkan D.

Mudah – mudahan bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: