15 Mar 2010

Redirect Blogspot to .Com

Penggantian nama domain dari (subdomain) blogspot.com menjadi .com, .net, .org, dan lainnya akan menyebabkan pengunjung blog menurun drastis. Apalagi jika umur blogspot anda sudah cukup tua. Anda akan kehilangan cukup banyak pengunjung.

Blogspot adalah “blog platform” buatan Google. Setenar apapun blogspot, biasanya hanya “Google” yang akan rajin meng-index isi blog tersebut. Sementara kita tahu ada beberapa mesin pencari selain Google (Yahoo, Bing, dll) yang sangat berpotensi untuk lebih meningkatkan pengunjung blog kita. Alasan lain mengganti subdomain blogspot.com ke .com adalah karena gengsi, agar URL mudah diingat … dan alasan terakhir adalah sewa domain + hosting pertahunnya sudah cukup terjangkau. Bisa kurang dari Rp 150,000 pertahun. 

Pasti anda bertanya, kenapa tidak saya ganti nama blog ini? >> alasan saya

Anda tidak perlu khawatir. Dengan mengganti nama domain anda ke .com artinya anda telah siap didukung oleh semua mesin pencari (asal menggunakan  SEO secara efektif). Berkurangnya pengunjung ke blog anda hanya akan terjadi beberapa saat.

Penggantian nama domain tersebut bisa kita lakukan secara bertahap:

  1. Blog anda di Blogspot adalah http://domain.blogspot.com (misal)
  2. Buat domain baru dengan nama http://domain.com
  3. Export isi dari http://domain.blogspot.com ke domain baru di atas, berarti sekarang ada dua domain dengan isi yang sama.
  4. http://domain.blogspot.com jangan buru – buru dihapus karena bisa menjadi senjata ampuh untuk mengalihkan pengunjung ke http://domain.com sebelum blog baru anda terindex di mesin pencari.
  5. Berikan informasi kepada pengunjung (blogspot) bahwa blogspot anda telah ditransfer ke domain baru dan pengunjung akan diarahkan ke domain anda yang baru.
Sebagai contoh silahkan kunjungi blog berikut: http://e-hobbies.blogspot.com dalam waktu sekian detik anda akan diarahkan ke http://myelectronickit.com

Cara mengalihkan pengunjung blog ke URL lain

  1. Log-in ke Dashboard blogger (blogspot)
  2. Pada blog yang akan ada alihkan, pilih layout –> HTML
  3. Cari tag berikut </head>
  4. Letakkan kode berikut tepat di atas tag </head>

            <META CONTENT='5; URL=http://myelectronickit.com' HTTP-EQUIV='Refresh'/>

  1. Angka warna biru adalah durasi sebelum pengunjung dialihkan, silahkan diganti sesuai selera anda.
  2. Text warna merah adalah URL domain yang baru (tujuan pengalihan), silahkan ganti dengan URL domain baru anda.
Semoga berhasil!

Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: