24 Mar 2010

Sinyal Satelit Lemah

Berikut ini beberapa hal yang meyebabkan turunnya kualitas penerimaan parabola,

  • Dish Actuator (motor penggerak) tidak akurat sehingga perpindahan dari satelit satu ke satelit lainnya tidak sempurna/parabola tidak tepat mengarah ke satelit yang dituju. Jangan terlalu sering berpindah satelit apalagi dalam waktu yang berdekatan. Anda harus set ulang positioner untuk mengarahkan parabola ke posisi semula.
  • Sudut deklinasi (utara – selatan) parabola berubah karena tiupan angin. Atur kemiringannya sampai didapatkan kembali sinyal maksimal.
     
  • Satelit - satelit untuk TV komersial posisinya tepat berada di atas garis khatulistiwa. Parabola yang terpasang di daerah Sulawesi (Indonesia bagian utara) sedikit miring ke selatan. Sebaliknya, parabola di Pulau Jawa arahnya sedikit miring ke arah utara. Bagaimana dengan parabola di Arab/bumi belahan utara atau selatan?
  • Kualitas kabel
    Kabel yang terpampang panas dan hujan setiap hari menyebabkan berkurangnya kualitas/kemampuan mentransfer sinyal dari LNB ke receiver. Ganti kabel dengan kualitas yang baik.
  • Channel update
Hilangnya siaran TV tertentu bisa jadi karena berubahnya data/pindah transponder. Jarang terjadi, tapi tetap harus diantisipasi. Lakukanlah blind scan (scan otomatis) secara berkala, minimal satu bulan sekali. Siapa tahu ada TV yang baru launching… J

Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: