10 Okt 2010

Resep Getuk Goreng Sokaraja

Meskipun hanya abang/kakak sepupu, Kang Sugeng Sungkowo sudah saya anggap sebagai abang kandung saya sendiri. Saat ini Kang Sugeng menjadi Kayim di Ds. Kalibagor – Sokaraja. Dulu antara tahun 1996 – 1998 hampir tiap bulan saya main ke Sokaraja. Saat itu Kang Sugeng masih aktif  di Departemen Perbecakan, alias jadi tukang becak. 

Terakhir ke Sokaraja pada bulan Maret 2009 (ke Sokaraja pertama kali buat istri dan Ali). Oleh – oleh yang tak terlupakan dari Sokaraja adalah Getuk Goreng. “Mmmmm … ngebayangin aja udah ngiler”. Sayang sekali saat itu tidak sempat beli Getuk Goreng. Beruntung Yu Satimah tahu cara membuatnya, berikut ini resepnya …   

GETUK GORENG SOKARAJA




Bahan:

1 kg Singkong, kupas dan buang sabut tengahnya.

250 gr gula jawa, iris halus
75 gr tepung beras
1 sdm terigu
Garam Secukupnya

Vanili secukupnya
Minyak goreng

Cara membuatnya:

Rebus singkong atau kukus hingga masak, potong kecil – kecil. Rebus gula jawa dengan sedikit air hingga lumat dan tercampur rata. Saat singkong masih panas lumatkan  sambil  diberi gula sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.

 
Ratakan singkong di atas nampan, setebal 2 cm dan potong-potong kotak 4 x 5 cm. Campur tepung beras, terigu, garam, vanili dan air secukupnya hingga menjadi adonan yang agak kental.

Panaskan minyak dan celupkan getuk ke adonan terigu sebelum digoreng. Goreng hingga kekuningan. Angkat dan sajikan.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: