17 Des 2010

Cara Memperbaiki Actuator Yang Macet


Sudah jatuh, ketimpa tangga, adalah kata yang tepat untuk menggambarkan betapa sialnya nasib parabola saya. Pada awalnya yang rusak adalah positionernya, no problem … karena masih bisa diakali dengan positioner sederhana buatan saya sendiri.  Beberapa bulan setelah menggunakan ”My Own Made Dish Positioner”, terjadi juga kerusakan pada actuatornya … alias macet total.

Atas saran dari seorang teman di FB, actuator yang macet sebenarnya masih bisa diperbaiki. Bagian yang macet adalah bearing yang berada di bagian bawah tongkat/batang actuator. Namun diperlukan kesabaran extra untuk membongkarnya. Bearing tersebut terkunci dengan dinding pipa actuator ditus/ditonjolkan ke dalam… untuk membukanya harus diketok keluar ke-tus-annya ….  Terus terang, saya sendiri kesulitan membukanya.

Singkat kata, actuator saya sekarang sudah bisa digunakan lagi. Padahal perbaikannya tanpa mengganti bearing yang macet tsb.

Caranya sbb:

  1. Pisahkan batang actuator dengan rangkaian motor, dengan cara membuka baut 14. Hasilnya seperti terlihat pada gambar. Bagian motor dan batang actuator telah terpisah.
  2. Bersihkan/semprot bearing didalam batang actuator dengan WD-40 atau bensin atau bisa juga dengan minyak tanah.
  3. Putar tuas (T) menggunakan kunci inggris, jangan dipaksa kalau tidak bisa. Terus semprot dengan salah satu cairan pembersih di atas.
  4. Ketok tuas (T) beberapa kali menggunakan palu ke arah dalam, jangan terlalu kuat atau tuas (T) akan patah dan sia – sia usaha anda.
  5. Ulangi cara nomor 3 sampai tuas (T) bisa diputar … jangan dipaksa kalau tetap belum bisa diputar.
Jika kelima cara di atas belum berhasil, rendam  bagian yang saya lingkari merah pada gambar di dalam bensin atau minyak tanah selama beberapa hari. Saya menggunakan botol bekas air mineral ukuran kecil yang dipotong untuk menampung minyak tanah.

Ulangi kelima cara di atas sedikitnya 2 kali dalam sehari. Saya berhasil pada hari ketiga. Itupun masih saya rendam lagi sampai karatnya benar – benar bersih.


Sebelum dipasang, lumasi bearing dengan campuran grease dan oli. Untuk perawatan, (mengingat bearing sudah tidak orisinil lagi) sebaiknya dilakukan pelumasan bagian bearing dan besi ulir minimal satu bulan sekali … Pelumas bisa dimasukkan melalui lubang kecil di dekat baut 14 (L) dan pada tongkat bagian atas/yang bergerak. 


Memang hasilnya tidak sebaik dengan mengganti bearing yang rusak tsb. Tapi rasa puasnya tidak tertandingi setelah berhasil memanfaatkan barang yang tidak terpakai cukup lama.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



3 komentar:

abdisuhamdi mengatakan...

Bagus tipsnya... Boleh dicoba.. thanks.

ANAK BONE mengatakan...

info yg bermanfaat mas bro

dadali garuda mengatakan...

gan lw baut tuas nya patah cara gantinya gimana? bautnya kan bagian bawah gepeng.apakah ada yg jual baut seperti itu? thx sblnya.