2 Des 2010

Install Windows Dari USB Flash Disk

Masalah netbook yang paling utama adalah tidak terdapatnya cd/dvd drive internal. Jika terjadi masalah dengan Windows, Instalasi ulang Windows harus dilakukan menggunakan cd/dvd drive external. Sayangnya tidak semua pengguna netbook memiliki jenis cd/dvd drive tersebut

Alternative paling sip dan pasti dimiliki oleh pengguna netbook adalah instalasi Windows menggunakan Flash Disk (FD). Prosesnya agak rumit dan memerlukan cukup banyak perhatian. Namun jika anda mengikuti langkah - langkah yang akan saya sampaikan dengan benar, Insya allah anda akan berhasil!

Syarat -syarat instalasi Windows menggunakan USB flash disk:

  1. PC atau Laptop yang masih sehat (bisa punya teman atau tetangga), system yang dipakai bisa Windows XP, Vista atau 7.
  2. Cd/dvd rom/drive pada PC ~ untuk membaca OS dari CD.
  3. Cd/dvd original Windows XP/Vista/7
  4. Software "Komku-SP-usb.exe"
Berikut ini  langkah - langkahnya:

LANGKAH 1: Download dan install 'Komku'

Download software 'Komku-SP-usb.exe' dari link ini, lalu jalankan software. File akan ter-extract ke folder  'C:\komku'.

LANGKAH 2 : Siapkan USB flash disk

Masuk ke C:\komku\PeToUSB' menggunakan Windows Explorer. Buka 'PeToUSB.exe, lalu masukkan flash disk. Pastikan anda memilih seperti pada gambar di bawah sebelum klik tombol "Start". Pilih 'USB  removable', 'Enable Disk Format', 'Quick  format',  'Enable LBA (Fat  16x)' dan beri nama flash disk pada 'Drive Label'. Setelah selesai klik tombol "start" untuk memulai format flash disk .



LANGKAH 3: Copy boot sector ke flash disk

Buka Dos command prompt, bisa dengan cara klik 'Start > Run', ketik  'cmd' dan tekan [Enter].  Untuk menuju ke directory 'bootsect' ketikkan perintah 'cd  C:\komku\bootsect' dan tekan [Enter].

selanjutnya ketik perintah 'bootsect  /nt52  F:' dan tekan [Enter]. (F: adalah jika nama drive flash disk anda adalah F). Biarkan software menyelesaikan proses yang sedang berjalan dan jangan keluar dari DOS command prompt.

LANGKAH 4: Jalankan 'USB_prep8′ utility.

Sekarang anda harus pindah ke  'Usb_Prep8' dengan mengetikkan perintah 'cd  C:\komku\usb _ prep8' and pressing [Enter] pada Dos command prompt

Ketik lagi perintah  'usb _ prep8' dan tekan [Enter]. Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan dan akan muncul layar selamat dantang dan munculnya menu pada Command prompt.


                                         
LANGKAH 5: Masukkan CD OS (Windows XP/Vista/7) ke dalam CD/DVD Rom

Pada command promp ketik '1' lalu tekan [Enter]. Popup baru akan muncul menanyakan anda untuk memilih lokasi CD/DVD Rom. Pilih sesuai nama lokasi CD/DVD rom anda lalu klik 'OK'.

Selanjutnya pilih  '2' pada menu dan ganti lokasi drive ke lokasi yang belum dipakai. Secara default drive ini telah bernama 'T:'. Sebenarnya anda bisa mengabaikan proses ini kecuali drive 'T:' sudah ada sebelumnya pada komputer anda.

Kemudian pilih '3' pada menu dan masukkan nama lokasi USB flash disk (pada contoh di atas nama FD- anda adalah 'F').



Tahap terakhir pilih '4' pada menu dan tekan [Enter]. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul pilihan untuk melanjutkan proses format FD. Ketik 'Y' dan tekan [Enter]. Pada tahap ini software akan mengcopy file dari CD/DVD Rom ke FD. Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama, tergantung kecepatan FD anda.

LANGKAH 6: Ijinkan software untuk memindahkan data ke FD

Setelah file OS tercopy, akan muncul popup yang meminta ijin untuk mengcopy beberapa file dari "temp drive" ke FD, pilih 'Yes'.

LANGKAH 7: Ijinkan software untuk mengalokasikan lokasi drive.

Akan muncul popup baru lagi yang menanyakan anda untuk mengijinkan software untuk merubah lokasi boot drive dari 'F' menjadi 'U'. Pilih 'Yes'.



LANGKAH 8: : 'Unmount' virtual disk.

Pada akhir proses, akan muncul popup yang menanyakan  apakah virtual drive mau di'unmount' (di'eject' istilah real drive). Pilih 'Yes' lalu tutup Command Prompt.

Terkahir, cabut FD dari PC/laptop teman anda. Jangan lupa bilang terima kasih! Kini anda telah memilik FD yang berisi OS Windows XP/Vista/7 dan dan bisa untuk boot netbook anda yang error, (kebanyakan virus pasti!)

File 'C:\komku' pada PC/laptop teman anda bisa dihapus atau anda simpan di flash disk lain, suatu saat pasti anda memebutuhkannya kembali.

Perlu diperhatikan!  Instalasi Windows dengan FD, harus melalui  beberapa tahapan berikut.
  1. Masuk ke BIOS dan set pilihan booting dari FD (biasanya ada di menu 'boot sequence' pada BIOS), simpan dan matikan netbook.
  2. Colokkan USB dan start kembali netbook anda.
  3. Sekarang netbook anda akan boot dari FD. Jalankan instalasi Windows seperti biasanya ...
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: