23 Nov 2012

Cara memperbaiki RAM yang rusak

Ram yang rusak bisa diperbaiki, jangan buru - buru membeli penggantinya.

Menentukan kondisi RAM biasanya dilakukan dengan cara sbb;

1. Memasang RAM pada komputer lain yang berjalan/berfungsi normal.

2. Memasang RAM baru/bagus pada motherboard yang terindikasi RAM-nya rusak.

Jika anda telah yakin bahwa RAM tsb rusak, jangan buru - buru membuangnya. Ada trik untuk menghidupkannya kembali. Berikut ini caranya.

* Ambil penghapus pensil. Bersihkan kaki RAM atau bagian konektor pada RAM dengan penghapus pensil. Jika beruntung, RAM bisa dipakai kembali. Berarti masalahnya hanya pada koneksinya saja yang kotor.

* Jika membersihkan konektor RAM tidak membuahkan hasil, siapkan multitester/AVO meter. Sebaiknya AVO meter jenis analog/jarum.

1. Set AVO meter pada mode untuk mengetes Resistor (pada posisi mana saja)

2. Tempelkan colokan warna hitam pada salah satu kaki konektor pada RAM

3. Tempelkan colokan warna merah pada semua konektor dan kaki - kaki IC dengan cara digeser/digesek. Lakukan sekali saja dan jangan terlalu lama. Ingat!

Pasang kembali RAM pada motherboard. Saya sudah beberapa kali melakukannya dan alhamdulillah berhasil.

Jika tidak ada AVO meter bisa dilakukan dengan satu buah battery jenis AA atau AAA atau bisa juga dengan battery CMOS. Hubungkan masing - masing kutub batttery dengan kabel dan lakukan cara seperti di atas.



Kita semua tahu fungsi dari RAM adalah sebagai media penyimpan data sementara secara elektronik. Kemampuannya yang sangat cepat tidak bisa tergantikan oleh media lain yang lebih besar kapasitasnya seperti hard disk. Sifatnya yang hanya menyimpan data sementara, ketika komputer tiba - tiba mati maka semua data yang tersimpan akan hilang. Pada kasus di atas, RAM tidak bisa melakukan proses de-flash atau mereset statusnya menjadi kosong. Yang saya lakukan dengan AVO meter diatas adalah memaksa RAM yang gagal RESET tsb untuk kembali ke 'zero capacity state'

Tidak beda dengan memberikan kejutan listrik pada orang yang gagal jantung. Tidak percaya?? silahkan dicoba, sayang tuh RAM-nya dibuang percuma. Padahal cuma mati suri.

Perhatian!! jangan sembarangan memegang RAM dan bagian komputer lainnya. Listrik static dari badan anda juga berpotensi besar merusak RAM dan peralatan lainnya. Selalu groundingkan badan anda sebelum memegangnya.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



3 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks yah atas infonya ...


gabung ke lin kami yahh...


http://motogp.unsri.ac.id/

Anonim mengatakan...

thank's gan infonya

Ferry Indrajaya mengatakan...

belum pernah dicoba nih, thanks gan...