24 Mei 2013

Tips menaikkan sinyal Global TV dan SCTV

Sejak April 2013 pengguna parabola kembali dipusingkan dengan Global TV yang melemah sinyalnya.  Beberapa bulan sebelumnya / di tahun 2012 hal yang sama juga terjadi dengan SCTV. Mungkin hal ini desebabkan karena mahalnya biaya sewa transponder.Atau kondisi satelit Palapa yang mulai turun kinerjanya? Kita hanya bisa berharap semoga masalah tersebut secepatnya diatasi oleh Palapa.

Dari sisi pengguna, yang bisa kita lakukan tidak lain adalah meningkatkan kualitas penerimaan parabola kita. Berikut ini hal - hal yang saya lakukan sehingga SCTV dan Global TV masih bisa saya tonton.

1. Pastikan cekungan parabola masih sempurna, saya sendiri akhirnya mengganti parabola solid 6 feet yang telah berumur 6 tahun dengan parabola mest 7 feet.

2. Pastikan LNB Palapa ditempatkan di titik fokus (untuk pengguna multi LNB)

3. Pastikan kedudukan LNB benar - benar tepat pada fokus parabola. Silahkan menggunakan rumus seperti rumus yang ada disini, tapi saya lebih menyarankan untuk menyetel posisinya secara manual.

4. Jika lahan mencukupi, tempatkan parabola serendah mungkin / pasang tiang parabola di atas tanah sehingga mudah mengatur arahnya / tidak perlu panjat atap.

5. Saya menggunakan TV 14"  berikut receiver, saya dekatkan dengan parabola. Saat menyetel parabola, langsung bisa saya lihat kualitas sinyal TV yang susah didapatkan.

Untung yang saya dapatkan: dengan bisa menangkap Global TV, sinyal - sinyal TV lain yang lemah jadi ikut menguat. Tapi tetap saja, karena sangat lemahnya sinyal Global TV -/+ 30%, jika parabola tertiup angin sedikit saja, gambar langsung terganggu. Untuk SCTV, masih sangat aman 40% - 60%.

Mudah - mudahan bermanfaat.


Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



9 komentar:

Batam's Blog Admin mengatakan...

Ada yang kitinggalan,
Jika memungkinkan, gunakan Dish dengan diameter > 6feet solid dan > 7 feet mesh (jaring)

Anonim mengatakan...

Kemungkinan besar bukan transpondernya yang murah/jelek tapi sepertinya disengaja seperti itu. Karena waktu Global TV pindah freq ke 3934 SQ mencapai 96-100% dengan mesh dish 10ft, sekarang SQ hanya sampai di 55-65% tapi yang bikin sebel SQ waktu penayangan siaran bola dari luar negeri malah naik diatas 90%. Sedangkan SCTV mpeg2 di 3749 pada awalnya SQ 78-83% tapi sekarang cuma 62-67%.

Sekedar berbagi pengalaman:
Hal serupa juga terjadi dengan RCTI. Banyak orang menganggap Tp 3774 lemah/jelek tapi pada kenyataannya ketika Tp 3749, 3756, 3765 sedang melemah atau bahkan 0-16% justru sinyal RCTI yang semula berkisar di 67-71% bisa naik sampai 92% dan hal ini tidak mengganggu sama sekali SQ 3786 milik tvOne. Mungkin khusus untuk TP no 3H (lihat di Lyngsat.com) jarak MHz yang di pakai oleh stasiun tv ybs terlalu berdekatan dalam polaritas yang sama sehingga SQ yang diterima oleh parabola kita jadi jelek. Sebenarnya bukan hanya di Palapa D tapi di satelit yang lain juga begitu kalo freqnya berdekatan SQ jadi buruk. Keculai sinyal ChinaSat 6A walaupun freq cukup berdekatan, hampir semua Tp SQnya di 90%-100%.

hdxj mengatakan...

insyaaaalloh akan saya coba

heryana rizman mengatakan...

makasih gan info ny sukses.
mampir juga ke sini gan http://visisat.wordpress.com/

Batam's Blog Admin mengatakan...

Update:
SCTV Mpeg2 : Freq 3747 H 6250
Indosiar Mpeg2 : Freq : 3747 H 6250

Meskipun sudah pakai RX model baru, gunakan RX lama (kalau ada) yg hanya support mpeg2 untuk tracking. Biasanya lebih peka.

Saya sendiri akhirnya menyerah ... meskipun bisa ditangkap dengan RX jadul, Prolink saya tetap tidak bisa lock Freq tsb. Memang itu kelemahan Prolink (MHDE), sinyal di bawah 30% susah kali ngelocknya.

Bebas Gaul mengatakan...

akh.. sekarang global TV tidak ada... ada solusi kah??

rahman masyhadi mengatakan...

Punya saya global tv hilang sejak seminggu!punya agan gimana?

rahman masyhadi mengatakan...

Punya saya global tv hilang sejak seminggu!punya agan gimana?

aulya ramadewi mengatakan...

kalok punya saya kak tiap tiap sore sinyalnya dikit tapi kalok siang lancar,gk bisa nonton naruto deh