28 Jun 2013

Erorr 'Volume Mounting Failed' - Akibat Salah Prosedur Partisi HD



Pagi tadi terjadi masalah dengan drive D PC saya, tidak muncul di windows explorer. Padahal cukup banyak data penting didalamnya. Dari drive properties (menggunakan EaseUS Partition Master 9.2.2), drive tsb masih ada ... bahkan masih bisa dilihat isinya dengan mengakses Drive Explorer. Tampilan di menu utama EaseUS adalah sbb:

|C: WINDOWS8   ...
|*): DATA    ...

Langsung ketahuan bahwa nama drive yang sebelumnya D ... kini menjadi * atau tanpa nama.
Ketika coba ganti nama muncul error :  "Mounting Volume Failed"

Yang sebenarnya terjadi adalah partisi tsb menempati sebagian kecil ruang yang semestinya milik drive C. Ini akibat dari kesalahan kecil saat me-resize partisi atau penambahan partisi baru. Istilah lainnya adalah  interlaced partition, atau partisi yang tumpang tindih.

Jalan keluarnya cukup sederhana:

Buat tempat kosong (unallocated space)antara drive C dan drive D minimal 10Mb, tentu dengan meresize/shrink partisi drive C pada sector akhirnya. Saya menggunakan  EaseUS Partition Master 9.2.2, mestinya  bisa dilakukan dengan software partition manager yang lain.

Jika gagal meresize dari sisi belakang/sector akhir drive C. Bisa dilakukan dari bagian awal drive C, cara ini tidak sesuai dengan unallocated space yang diharapkan ... bisa diatasi dengan menggeser partisi ke arah kiri sehingga akhirnya tercipta unallocated space antara drive C dan drive D.

Setelah click tombol 'apply' dan sukses, saya restart PC ... alhamdulillah drive D kembali normal.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: