21 Jan 2015

Tips Agar Remote Receiver Parabola Tidak Cepat Rusak

Coba bandingkan Remote TV lama anda dengan remote Reciever parabola anda yang (barangkali) harganya di bawah 500ribu. Kualitasnya jauh beda kan? Beruntung sekali jika setelah pemakaian setahun remote receiver tsb masih ok. Tahun kemarin dua teman saya nitip dibelikan remote receiver yang tombolnya nggak berfungsi lagi atau bahkan ada yang lepas.

Harga remote pengganti tidak murah. antara 50rb - 100rb belum ongkir. Yang pasti di atas 10% dari harga receiver, mending kalau ada yang jual.

Tips menjaga remote agar tahan lama

1. Bungkus remote dengan plastik atau cover khusus untuk remote. Selain melindungi remote dari debu, air, dan kotoran lain,  plastik juga menghindarkan arah penekanan tombol secara miring atau horizontal. Ini yang sering mengakibatkan tombol remote lepas.



2. Gunakan tombol angka untuk memilih channel guna mengurangi frequensi penggunaan tombol navigasi (kanan, kiri, naik, dan turun). Tombol navigasi adalah tombol yg paling cepat rusak.

3. Gunakan remote unisversal yang bisa mengcopy fungsi remote yang sesungguhnya. Sebaiknya beli remote jenis ini sebelum remote aslinya rusak.







Khusus point 3, remote unisversal seperti pada gambar di atas sudah saya gunakan leibh dari 2 tahun dan belum ada satupun tombol yang rusak. Merk Chunghop model RM-L618, dulu beli di eBay sekitar $5,5. Khusus untuk tombol navigasi, bagian dalamnya menggunakan tombol jenis ptt. Atau tombol seperti pada tombol volume TV. Saat di tekan keluar bunyi "tek".

Kelebihan remote tsb. Selain bisa mengcopy fungsi remote receiver, bisa juga untuk menduplikat fungsi semua jenis remote. Bahkan AC juga bisa dikontrol dg remote tsb. Tinggal pilih alat yang dicontrol pada deretan 6 tombol di bawah tombol power. Tentu harus disetting dulu sebelumnya

So, sampai sekarang remote TV, remote receiver, dan remote DVD player saya masih original, tersimpan rapi di lemari. Remote AC tetap pakai remote bawaan AC. Hanya fungsi tertentu yang pindahkan ke remote Chunghop.
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



1 komentar:

pudin mengatakan...

waduh ya kadang lupa2 gan, kebiasaan pake geser2 doang..