3 Mar 2009

Setting Parabola

Banyak alamat yang bisa dijadikan referensi untuk mencari daftar satelit yang bisa diterima, contohnya adalah:  http://www.lyngsat.com/  http://www.satcodx.com/  dan  http://www.dishpointer.com/.

Trik berikut ini adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan channel dari semua satelit yang bisa diterima di daerah anda. Tidak perlu repot lagi browsing internet mencari data transponder stasiun TV tertentu.

Setelah pemasangan parabola selesai dilakukan (anggap saja posisi parabolanya sudah tepat) tahap selanjutnya adalah mencari satelit yang bisa diterima.

Lelah mencari informasi melalui internet, akhirnya cara berikut ini yang saya lakukan…dijamin semua satelit bisa terlacak.. Tergantung jenis LNB yang dipakai, jika jenis C, Ku, dan C + sekat digabung dalam satu parabola, pasti lebih seru lagi pencariannya.

Buat daftar satelit, jangan kasih nama dulu (seperti Telkom, JCSat dll). Anggap saja kita tidak tahu nama2 satelit tsb. Tandai masing – masing satelit dengan angka dari 1, 2 sampai 20.
  1. Atur konfigurasi masing2 satelit sesuai dengan jenis LNB yang dipakai.
  2. Arahkan parabola ke arah paling timur, jangan ada sisa.
  3. Kita mulai dari satelit no. 1… mulailah berburu channel. Langsung Auto Scan! Jika memory receiver mencukupi, pilihlah menu scan semuanya, jadi channel yang ada tanda dolarnya ($) pun akan tertangkap.
  4. Setelah pencarian selesai 100% tapi tidak mendapatkan satupun sinyal/channel, coba pindahkan arah parabola sedikit naik ke atas, sedikit saja. Dan ulangi langkah ke 3. Jika ada sinyal yang tertangkap tapi masih cukup lemah, coba perbaiki arah parabolanya… berarti sudah ada satelit yang terdeteksi. Scan sekali lagi, pasti akan bertambah daftar channel dari satelit tersebut.
  5. Kita pindah ke Satelit no. 2. … ulangi langkah ke 3. jika blm dapat sinyal, jalankan langkah no. 4. kalau tidak dapat sinyal juga, tambah terus sudut parabolanya.
  6. Selanjutnya ke Satelit no 3, 4, 5 dan seterusnya.
Mungkin tidak semudah dengan menggunakan panduan/data2 freq, namun sangat membantu jika kita tidak memiliki panduan tersebut. Selamat mencoba!
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



21 komentar:

tony hamidi mengatakan...

Saya mau tanya apakah ada alat untuk memastikan ketepatan posisi titik katulistiwa (Utara- selatan). Kadang sy mengalami kesulitan. Saya bisa menerima 21 satelit dengan 645 saluran gratis. Trims.

Salam.
Tony Hamidi
tony_hamidi@yahoo.com
tonyhamidi.multiply.com

Mufid mengatakan...

Pak Toni,

Saya yakin ada alat untuk keperluan tersebut. Saya pernah baca di majalah Telesatellite, tapi lupa di edisi berapa.

Saya hanya menggunakan kompas untuk menentukan posisi sejajar garis katulistiwa. Apabila satellite paling timur atau paling barat sudah terkunci biasanya semua satellite sudah bisa diakses.

Terima kasih.

tony hamidi mengatakan...

Bagus ya kalo ada yang bisa dikonek langsung ke LNB. Terus di monitor alat itu ada angka yang menunjukkan angka titik nol (katulistiwa) dan Bujur timurnya sekalian. pasti hasilnya akurat. Sy kadang kesulitan menagkap singnal dari Sinosat 3 yg signalnya di 125 BT. Oh ya saya pake yg 9 feet.

Mufid mengatakan...

Yup... tentu mantap sekali jika ada tool seperti itu.

Jika ada update mengenai isu tsb, saya akan PM langsung Pak Tony.

Btw, saya sekarang menggunakan 4 LNB. 2= C-Band (standart). 1= Ku-Band. 1= C-Band+Sekat (untuk Yamal/Rusia).
6 feet + actuator...

Sekarang lagi cari-2 Matrix-R (dual tuner)

Tony Hamidi mengatakan...

Yamal yang mana tuh? Ada Yamal 201 di 90,0 BT atau Yamal 202 di posisi 49 BT, yg 202 kyknya ga mungkin deh soalnya poisisinya terlalu nungging ke barat. Terus di Yamal ada berapa saluran. Utk Ku-band satelit apa saja yg bisa diterima. Posisi Bung Mufid di Batam menguntungkan krn di utara katulistiwa. Posisi saya di Jawa Timur di selatan katulistiwa. Beam ku atau kebanyakan di wilayah utara.Senang punya teman curhat ttg parabola. Oh ya skrg mulaiu ada yg pindah ke mp4. Waduh butuh receiver baru lg dong....
Thanks.

Mufid mengatakan...

Yamal 201 (ku-band) footprint-nya jauh dari Indonesia, bias-nya pun tidak terasa di Batam. Yang berhasil saya dapat adalah Yamal 202, tapi mesti modif LNB dengan menambahkan sekat (pakai telenan cabai) ... channel paling favorit adalah PEH (Rent TV) setiap Sabtu, Minggu, dan Senin dini hari).

Untuk Ku-band, masih hunting.

Anonim mengatakan...

Mas, Bisa bantu setingin parabola ku supaya dapat yamal 202 tak?
Nama: Yudi
Alamat: Cendana Batam Center
e-mail: yudi080675@yahoo.com
kalo ada no kontak nya supaya bisa saya hubungi

Admin / baca ttg Yamal 202 di sini >> mengatakan...

Mas Yudi, tentu saya bersedia membantu, pesan sudah saya kirimkan ke email Mas Yudi...

Silahakan baca tentang Yamal pada link Admin di atas.

Salam

Anonim mengatakan...

Mas, receiver sya matrix, tp sya gk bs dapat rcti, global, dll. Klo channel luar dapat ny cuma yg cina n arab, sama india, trz bnyak bnget yg ada tlsan scrambled channel ny, gmn donk?

Mufid mengatakan...

Kok Ananim terus ya :( no problem sih...

Tidak dapat sinyal RCTI, Global, dll… apakah maksud anda tidak dapat sinyal semua TV Nasional ?

Mesti jelas nih keterangan awalnya. Jangan cuma receivernya aja.

Anyway, saya telah membuat posting khusus untuk menjawab pertanyaan anda. Silahkan buka: http://mufidbtm.blogspot.com/2010/03/sinyal-satelit-melemah.html

Anonim mengatakan...

mo tanya nih, ceritanya kan aku pingin pasang parabola,tp yang bisa nangkep smua saluran arab kira2 merek yang bagus apa ya?

Anonim mengatakan...

Untuk daerah kediri siapa yang bisa bantu ngutak utik parabola saya. venus dengan positioner

milasrun@ymail.com

Anonim mengatakan...

Terimakasih untuk semua infonya. Mohon maaf sebelumnya karena mungkin salah forum. Saya pemula dalam hal parabola, yang ingin saya tanyakan
1. Berapa jumlah satelit kah yang bisa diterima di indonesia dengan parabola biasa (contoh parabola dengan ukuran "payung" 9 feet)
2. Apakah cara yang disebutkan diatas bisa dicoba oleh pemula, bagaimana tingkat kesulitannya.
3. Merek Reciver apakah yang bagus dalam penerimaan sinyal.

terimakasih untuk info yang diberikan
ariefbram@mail.com

Admin mengatakan...

@ Anonim

1. Jumlah satellite yg bs diterima di Indonesia berveriasi, antara 15 - 21 Tergantung berapa jenis LNB yg anda pasang.

2. Dulu, saya mempraktekkan teori tsb karena jika memanggil tekhnisi paraboa ongkosnya tdk masuk akal, antara 100 - 150rb, tdk beda jauh dg ongkos pasang baru, 250rb. Jd saya berusaha melakukannya sendiri, saat itu masih awam sekali dg parabola. So... andapun pasti bisa!

3. Tdk ada rekomendasi! Saya sendri sekarang pakai Unisat Fusion, merk murahan...(harga < 300rb) tp tdk beda dg merk Magix, sama2 bagus dr segi penerimaan signal. Mungkin teman2 yang lain ada rekomendasi?

adil mengatakan...

terikasihhhhhhhhhhh,informasinya

Anonim mengatakan...

permisi, mau numpang tanya bagaimana cara mencari channel yang tiba tiba hilang yaa??
terus cara bagaimana biar dapat channel gratis yang banyak. maklum masih awam dan gak tau apa apa.

email me plis : echers_blueblood@yahoo.com

thanks before :)

Admin mengatakan...

Channel yg hilang bisa jadi karena pindah transponder atau pindah satelit atau arah parabola yang berubah disebabkan tiupan angin.

Cara paling gampang cari channel gratis ya seperti cara saya pada artikel ini ... Syaratnya, parabola harus dilengkapi dengan motor penggerak (actuator) atau memasang beberapa LNB dalam satu parabola.

Manadoparabola mengatakan...

biar semua chanel di masing-masing satelit bisa nongol, disarankan pake receiver yang sudah suport Mpeg4/ HD

hafiz mengatakan...

salam kenal mas... nama saya hafiz, posisi saya di kota painan, sumatra barat. saya pakai parabola 10 feet, 4 LNB dan receiver matrix sakura(biasa). channel yang bisa di tangkap cuma 4 satelit yaitu Telkom 1, Palapa D, Asiasat 3s dan Asiasat 5. dengan parabola yang saya punya bisa ngak saya nangkap satelit Badr 4 dan badr 6 (arabsat) atau Nilesat ( altantic bird) di daerah saya?
untuk satelit asiasat 3s, saya ngak butuh karena channelnya bahasa india dan china, saya ngak gerti, jadi percuma saja. saya cuma butuh channel bahasa arab. kira2 satelit apa aja yang bisa di tangkap di daerah saya yang ada channel arabnya.?
terima kasih saya ucapkan banyak2 atas jawabannya... saya tunggu ya mas jawabannya. Thanks

risha mengatakan...

maf, saya orang awam,,
nama saya risha berada di Ngawi, Jawa Timur,,
saya pakai parabola 10 feet, 4 LNB dan receiver gadmei bravo (biasa). channel yg bisa kami tangkap ad beberpa stelit yaitu palapa C2, telkomk 1, asiasat 2/5, asiasat 3s, dan chinasat 6b..
saya ingin stlit yg terdapt acra sportnya, misalnya ESPN (kya' diluar)
terima kasih ats jwabnya,, thanks

bsa krim lwat email: kyumorishawa@ymail.com

Anonim mengatakan...

ada yg tau posisi actuator untuk pemasangan? motornya ke di bwh atau di atas rabungnya?
wa mw coba ganti hirolik rotator dengan actuator.