10 Mar 2010

AC yang baik vs AC boros listrik

Tagihan listrik anda membengkak? Bisa jadi karena borosnya konsumsi listrik dari pemakaian AC di rumah anda.

Ciri – ciri AC yang baik/tidak boros listrik 
  1. Sensor suhunya masih berkerja dengan baik. Kompresor akan mati ketika suhu yang diinginkan telah tercapai. Dan hidup kembali ketika suhu ruangan naik. (Kompresor berada di Outdoor unit, nyalanya kompresor ditandai dengan berputarnya kipas/blower pembuang hawa panas).
  2. Suhu ruangan yang diinginkan tercapai dalam waktu yang normal/tidak terlalu lama.
  3. Tidak berisik dan getarannya kecil.

Ciri – ciri AC yang boros listrik dan  perlu perbaikan/perawatan segera
  1. Kompresor tetap bekerja meskipun suhu ruangan sudah sangat dingin, cek sambungan sensing bulb, atau sensor suhunya…ganti dengan yang baru jika diperlukan.
  2. Tekanan freon berkurang atau di bawah standart yang diharuskan. Ciri - cirinya:
    1. Kompresor bekerja terus menerus dan suhu ruangan tidak terlalu dingin atau tidak dingin sama sekali.
    2. Air menetes dari Indoor unit. Orang sering salah sebut “AC bocor” . Padahal air yang menetes adalah hasil pengembunan yang tidak pada tempatnya karena kurangnya tekanan/isi freon.
    3. Es menggumpal di sekitar sambungan pipa pada Outdoor unit. Hal ini terjadi jika tekanan freon sudah jauh berkurang sehingga proses penguapan freon/proses pendinginan terjadi jauh sebelum memasuki indoor unit..
  3. Kisi – kisi pendingin pada outdoor unit kotor. Sehingga pembuangan hawa panas dari outdoor unit tidak maksimal. Lakukan perawatan rutin dengan mencuci bagian ini minimal 6 bulan sekali. Lebih baik lagi dilakukan 3 bulan sekali.
  4. Saringan udara pada indoor unit kotor. Hal ini menyebabkan penyebaran suhu dingin ke seluruh ruangan terhambat. Lakukan pembersihan saringan udara minimal 2 minggu sekali.
Kompresor pada AC ataupun Kulkas adalah komponen yang paling membutuhkan daya besar. Ukuran PK (tenaga kuda) dari sebuah AC ditentukan dari besarnya daya yang diperlukan oleh kompresor. Bayangkan jika kompresor anda berukuran 1 PK +/- 800 watt dan terus – menerus menyala semalaman karena kurangnya tekanan freon. Berapa energi yang terbuang sia – sia?
Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: