8 Mar 2010

Cara Kerja AC

Informasi berikut ini mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang bertanya – tanya. “Kenapa AC (Air Conditioner) bisa menghasilkan suhu dingin di dalam rumah?”

Sebelumnya perhatikan ilustrasi berikut ini,

  1. Perhatikan kepala/bagian atas tabung gas ketika kompor menyala dalam waktu cukup lama. Bagian atas tabung akan terasa dingin. Kadang hingga timbul uap disekitar kepala tabung.
  2. <Yang ini tidak perlu dicoba/bahaya> Korek api gas di tangan/kantong celana anda bocor, karena kegencet atau sebab lain. Gas cair di dalam korek api yang masih dalam bentuk cair habis seketika berubah menjadi gas. Anda akan merasakan dingin yang luar biasa terkena semprot gas yang keluar dari dalam korek api.

Dari dua kejadian di atas dapat disimpulkan bahwa pada zat – zat tertentu, perubahan fisik dari bentuk cair ke bentuk gas akan menimbulkan suhu dingin disekitarnya.  Sebaliknya, jika zat yang telah menjadi gas tersebut dimampatkan kembali hingga menjadi cair, suhu panas akan timbul disekitarnya.

Anda perhatikan…AC yang terpasang di rumah anda terdiri dari dua bagian.

  1. Indor (menghasilkan suhu dingin dalam ruangan)
  2. Outdoor (menghasilkan suhu panas/dibuang keluar)

Anda pasti tahu apa itu Freon, zat yang diisikan pada AC atau Kulkas. Kenapa harus freon? Karena freon terbukti zat yang paling murah dan aman untuk kedua proses di atas (diubah dari cair ke gas dan gas ke cair). Namun demikian freon adalah salah satu penyumbang kerusakan lapisan Ozon di atas bumi kita.

Singkat saja,

Kompresor, pipa-pipa dan peralatan lain didalam AC didesain khusus untuk menciptakan perubahan bentuk fisik freon.

  1. Pada AC outdoor freon dimampatkan sedemikian rupa hingga berubah menjadi cair. Suhu yang timbul disekitarnya menjadi panas, makanya pada unit outdoor diperlukan sebuah kipas/blower guna mendinginkan suhu panas tersebut.
  2. Setelah berubah menjadi cair, freon mengalir ke dalam unit indoor. Unit AC indoor melepaskan cairan tersebut seperti kasus korek api gas yang bocor di atas. Timbullah cuaca dingin di dalam sekitar unit Indoor tsb.
  3. Freon yang sudah menjadi gas, mengalir kembali ke unit outdoor.

Proses tersebut terjadi berulang terus menerus… simple kan?

Mudah – mudahan terjawab juga kenapa daerah perkotaan atau daerah industri suhunya jauh lebih panas dari daerah lainnya? Gedung – gedung bertingkat, pabrik – pabrik hampir semuanya menggunakan alat pendingin ruangan. Prinsipnya sama, dingin yang dihasilkan di dalam ruangan, karena adanya proses pelepasan panas ke udara luar.

Terima kasih telah berkunjung.
Info:
Daftar Satellite dan Channel bisa di lihat disini
Update harga Receiver dan lainnya bisa dicek disini
Terkait...



On Facebook



0 komentar: